Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pasar Senggol Maju ke Lomba Pasar Desa Tingkat Jawa Timur

Kamis, 16 Februari 2012 | 22.02.00 | 0 komentar

Tulungagung - Pasar Senggol yang berada di Desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung ikut lomba Pasar Desa Tingkat Jawa Timur,. Selasa, 14 Februari 2012 dinilai oleh Tim penilai lomba Pasar Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur dalam rangka Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Kegotong-royongan.

Tim Penilai yang diterima di Kantor Desa Bangoan oleh Plt. Sekda Tulungagung Ir. Heru Dwi Tjahjono, MM para Kepala SKPD Kabupaten Tulungagung terkait dan Kades Bangoan Leman Dwi Prasetyo, SE, serta para pengurus Pasar setempat.

Ir. Heru Dwi Tjahjono, MM saat menerima tim penilai antara lain mengatakan, Pasar Senggol Desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru, merupakan salah satu pasar desa di Tulungagung yang telah dikelola oleh desa dengan baik, baik dari segi administrasi, penataan pedagang maupun kebersihan dan keindahan lingkungan, karena itu pasar ini sudah siap jadi juara lantaran semua kriteria penilaian lomba benar-benar telah dimiliki oleh Pasar Senggol.

Ketua tim penilai Ny. Dra. Susanti Widyastuti, MT menjelaskan bahwa tim yang berjumlah 7 orang ini dalam penilaian menitikberatkan pada beberapa kriteria penilaian di antaranya tentang organisasi, administrasi, penggunaan, pendapatan, perdagangan, bahan bangunan, kebersihan dan keamanan. Sedangkan dari penilaian ini akan ditetapkan juara 1 sampai dengan 4, khusus juara 1 akan diajukan mewakili Jawa Timur ke lomba tingkat nasional.

Sementara itu, Leman Dwi Prasetyo, SE, melaporkan, Pasar Senggol di desanya diawali pada tahun 1992. Di tempat itu dibuat pasar berupa kios-kios sederhana dan tradisional, karena pengunjungnya banyak dan bersenggol-senggolan maka dinamainya Pasar Senggol. Melihat pengunjung yang makin banyak, pada tahun 1995 ditempat tersebut diperluas dengan penambahan kios dan di tahun 2007 agar pasar tersebut tidak terkesan kumuh maka oleh Pemkab Tulungagung dibangunkan kios-kios permanen. Yang khas dari pasar ini banyak menjajakan berbagai makanan khas Tulungagung diantaranya gethuk, cenil, kicak, jenang gendul, kolak dan aneka makanan seperti nasi pecel, thiwul dan yang lainnya. Pasar juga semarak ramai dikunjungi karena suasananya yang bersih, asri, sejuk dan rindang.

Usai diterima di Balai Desa Bangoan selanjutnya tim penilai meninjau kondisi Pasar Senggol yang berjarak sekitar 1 km barat Balai Desa setempat. Selain melihat penataan dan berbagai fasilitas yang ada di Pasar Senggol seperti kamar kecil, tempat sampah, dan tempat cuci tangan, tim juga mengunjungi kantor atau sekretariat Pasar Senggol guna melihat data-data pendukung yang tersedia di tempat tersebut. (Her/Huimas)

Sumber: tulungagung.go.id | Rabu, 15 Februari 2012

Posting Komentar