Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

2012, Pemerintah Bangun Jaringan Gas di 5 Kota Ini

Selasa, 31 Januari 2012 | 17.11.00 | 0 komentar

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan akan membangun jaringan gas kota untuk rumah tangga dan transportasi di kota-kota seperti Prabumulih, Jambi, Cibinong, Cirebon dan Kalidawir (Tulungagung) di 2012.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Evita Legowo mengatakan pembangunan jaringan gas kota untuk memandirikan energi di kota yang ada potensi gas di daerahnya. Tujuan program ini untuk berikan gas yang murah untuk rumah tangga ketimbang liqufied petroleum gas (LPG).

"Sudah seharusnya berpindah dari minyak bumi ke gas. Pemerintah mendorong penggunaan gas ke rumah tangga dan transportasi. Kita bertekad di 2012 dorong gas untuk transportasi," ujarnya yang ditemui dalam rapat kerja melalui video conference di Plaza Centris, Kuningan, Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Dirinya mengakui jaringan gas kota masih terbatas dibangun pemerintah. Hanya di kota Tarakan, Bekasi, Depok, Sidoarjo dan Palembang yang ada jaringan gas kota.

Sementara itu Direktur Hulu Ditjen Migas Eddy Hermantoro mengatakan pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga sebagai salah satu langkah untuk mempercepat program diversifikasi energi sebagaimana ditetapkan pada undang-undang nomor 30 tahun 2007 tentang energi.

"Dalam upaya mendukung program diversifikasi energi, di 2009 Ditjen Migas telah membangun infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga," katanya. (wdi)

Sumber: okezone.com | Selasa, 31 Januari 2012

Posting Komentar